Senin, 15 Agustus 2016

Pemandian Alam Air Soda..?.... Ini Hanya Ada Dua Di Dunia Salah Satunya Ada Di Tarutung Indonesia

Pemandian Kolam Mata Air Soda Parbubu Tarutung

Tempat Berlibur Wisata - Pemandian air Soda??? Mungkin dibenak masyarakat bila mendengar kalimat air soda ini lebih condong kepada sebuah jenis minuman yang menyegarkan dan mampu membuat tubuh kembali fit setelah meminumnya. 

Pemandian Alam Air Soda Tarutung

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa di Sumatera Utara khususnya Tarutung Tapanuli Utara terdapat sebuah pemandian alam air soda. Emang bisa air soda dimandikan?? Ini memang benar dan hanya ada dua di dunia yaitu terdapat di Venezuela dan satu lagi ada di Tarutung Indonesia. Ini memang nyata.


Soal khasiat dan kegunaan jangan ditanya lagi, sebab kasihat setelah menikmati pemadian air soda ini sangat banyak dari mulai dapat menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal akibat gigitan serangga, dan membuat badan menjadi segar dan terasa ringan.


Kondisi alam Air Soda yang berpadu dengan keindahan alam sekitar yang dipenuhi dengan hamparan persawaan hijau dan pegunungan semakin menambah keeksotisan destinasi wisata ini, sehingga membuat para pengunjungnya  menjadi nyaman dan tenang. 

Air Soda yang terdapat di Desa Parbubu 1, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara ini dahulunya ditemukan pada tahun 1973 oleh seorang warga Desa Parbubu 1 yang bernama bapak Minar Sihite beliau mengatakan bahwa dulunya air soda ini ditemukan dari mata air di antara semak-semak bebatuan.  


Oleh karena warna kemerahan yang terdapat pada air soda ini, sehingga warga setempat lebih sering menyebutnya dengan nama aek rara atau dalam bahasa Indonesianya “air merah”. Air soda ini tidak memiliki rasa atau bersuhu panas melainkan yang membedakan air soda dengan air yang lainnya adalah ditemukannya soda alami yang sangat berkasihat buat kesehatan. 

Dihari-hari libur air soda ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang baik dari daerah Tapanuli Utara maupun dari Medan. Kita patut mensyukuri salah satu ciptaan-Nya berupa air soda ini sebab, ini hanya ada dua didunia dan membuat Indonesia menjadi bangga memilikinya sebagai destinasi yang sangat dicari-cari oleh orang banyak. 

AUntuk biaya tarif masuk yang dikenakan buat setiap para pengunjung sejauh artikel ini dipublis setiap pengunjung tidak dikenakan biaya masuk tetapi iya sukarelahlah dengan membeli beberapa makanan atau minuman yang dijajahkan disini. 

Akses Menuju Air Soda Tarutung 


Dilihat dari akses/ rute perjalanannya, Air Soda ini terbilang terjangkau dan mudah untuk di akses, jalan dan infrastrukturnya pun baik. 

Kita tarik saja rutenya dari kota Medan Anda akan menempu jarak sejahu 200 Km dengan lama perjalanan 6-7 jam perjalanan dengan melewati beberapa kota besar seperti: Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat-Porsea-Balige-Siborong-borong-Tarutung. 

Dari kota Tarutung air Soda ini dapat ditempuh dalam waktu 10 menit kearah jalan Sibolga atau untuk mempermudah, Anda juga dapat bertanya kepada warga sekita. Masyarakatnya baik dan ramah kok. Untuk lebih jelas mengenai petanya Anda juga dapat Lihat Disini.

Tunggu apalagi dari pada penasaran apa dan gimana mandi soda itu!!, langsung aja datang dan rasakanlah kenikmatan bermadi soda di Tarutung Sumatera Utara. Trimakasih.

0 komentar

Posting Komentar